Sunday, December 02, 2012

Kisah Hidup Paman Gober: Edisi Bundel



Title: Kisah Hidup Paman Gober: Edisi Bundel
Original Title: The Life and Times of Scrooge McDuck
Author:  Don Rosa
Publisher: Penerbitan Sarana Bobo (2012)
ISBN: 9792351345
Pages: 498 pages
Original Published Date: 1984


Seperti.... membaca biografi seorang tokoh, atau malah... perjalanan untuk lebih mengenal seorang teman lama. Disusun dalam 12 Chapter dan dilengkapi beberapa kisah tambahan, novel grafis ini menceritakan kisah hidup Paman Gober semenjak masih kanak-kanak di Skotlandia, berimigrasi ke Amerika dan berpetualang ke seluruh penjuru dunia (termasuk ke Jawa saat Gunung Krakatau meletus), mengenal berbagai tokoh seperti Teddy Roosevelt hingga para bandit Wild West kayak Sundance Kid dan Butch Cassidy, juga cerita-cerita perkenalannya dengan Gerombolan Siberat dan kisah cinta tak berlanjutnya pada Glittering Goldie, hingga akhir kisah yang menjembatani dengan kisah Donal Bebek dan ketiga keponakannya. Paman Gober juga pernah muda lo. Ia tidak menjadi kaya dengan mudah. Ia tidak pelit karena ingin jadi pelit. Kehidupan yang keras selama bertahun-tahun membuatnya menjadi seperti Paman Gober yang kita kenal sekarang.

Novel grafis ini dicetak 500 halaman full color dan dengan kualitas kertas yang apik, sehingga menjadikannya sangat enak untuk dinikmati. Tidak heran kalau langsung jadi salah satu buku favoritku. Salam hormat untuk Don Rosa dan Carl Barks.

**Untuk edisi terjemahnnya ini, sayangnya untuk Chapter 10: The Invader of Fort Duckburg (Serbuan ke Benteng Kota Bebek) nama-nama tokohnya "lupa" diterjemahkan dalam nama-nama yang biasa dipakai di album Donal Bebek. Semisal Dora, si Nenek Bebek masih memakai nama Elvira, begitu juga Dabney, Daphne, Eider, dan Quackmore yang biasanya di-Indonesiakan menjadi Wili, Trince, Andolf dan Kweker (seperti juga gambar dengan silsilah Keluarga Bebek di hal. 42). Sedikit janggal dan mengganggu. Itu saja.**

2 comments:

Lila Podungge said...

Nama asli Untung sama Lang Ling Lung tu sapa, Cin? #nanyaserius

Cindy said...

Untung = Gladstone Gander
Prof Lang Ling Lung = Gyro Gearloose
(khusus untuk ini, aku jauh lebih suka nama aslinya... 'Gearloose' tak ada duanya :D)